Paus Fransiskus: Lawan Diskriminasi Dan Korupsi Di Dunia Olahraga

Berikut artikel Paus Fransiskus: Lawan Diskriminasi dan Korupsi di Dunia Olahraga, Semoga bermanfaat

VATICAN CITY, KOMPAS.com – Pemimpin agama Katolik dunia, Paus Fransiskus, mengajak para pemimpin dan komunitas olahraga melawan diskriminasi dan korupsi di dunia olahraga. Hal senada diucapkan Duta Perserikatan Bangsa-bangsa, Ban Ki-moon.

Paus Fransiskus mengatakan hal tersebut ketika berpidato pada pembukaan Konferensi Dunia Olahraga & Kepercayaan Se-Dunia pertama di Aula Paulus ke-VI, di Vatikan, Italia, Rabu (5/10/2016). Konferensi tersebut mengambil tema Olahraga buat Pelayanan Kemanusiaan.

Menurut Pastur Markus Solo Kewuta SVD, perwakilan dari Indonesia di acara tersebut, Paus Fransiskus mengatakan bahwa hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap olahraga adalah hal yg menyedihkan.

Masyarakat dapat kehilangan antusiasme, kegembiraan, dan minat berpartisipasi dalam olahraga.

“Hasil sebuah pertandingan olahraga memang sangat penting, tapi lebih utama lagi buat bermain baik dan jujur,” ujar Paus Fransiskus dalam siaran pers yg diterima Kompas.com.

“Saya percaya rapat selama tiga hari ini mulai mendorong kami segala bagi mengeksplorasi lebih jauh kebaikan olahraga bagi masyarakat dunia,” tuturnya lagi.

Dok. Pastur Markus Solo Kewuta SVD Pastur Markus Solo Kewuta, perwakilan dari Indonesia, bersama Sekjen Persatuan Bangsa-bangsa, Ban Ki-moon, di sela pembukaan Konferensi Dunia Olahraga & Kepercayaan Se-Dunia pertama di Aula Paulus ke-VI, di Vatikan, Italia, Rabu (5/10/2016).

Korupsi bukan satu-satunya yg menjadi fokus pidato Paus Fransiskus. Dia juga meminta para atlet bebas dari doping, serta memakai olahraga sebagai pengembangan personal dan kesetiakawanan.

Sekjen Perserikatan Bangsa-bangsa, Ban Ki-moon, turut hadir dalam acara tersebut. Ban menekankan peran olahraga sebagai sarana memajukan nilai luhur, seperti persatuan, perdamaina, kerukunan, serta integritas jasmani dan rohani.

Dia juga menyampaikan bahwa olahraga bebas dari diskriminasi dan terbuka buat segala orang.

“Layaknya kepercayaan, di dunia olahraga kami segala sama. Olahraga milik hukum yg universal. Ada prinsip kesamaan dan tak ada ruang bagi diskriminasi,” kata Ban. (Lariza Oky Adisty) 

Sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2016/10/06/14120001/paus.fransiskus.lawan.diskriminasi.dan.korupsi.di.dunia.olahraga
Terima kasih sudah membaca berita Paus Fransiskus: Lawan Diskriminasi dan Korupsi di Dunia Olahraga. Silahkan baca berita lain tentang Olahraga lainnya.

Tags:

Leave a reply "Paus Fransiskus: Lawan Diskriminasi Dan Korupsi Di Dunia Olahraga"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.