Obama Puji Ali Sebagai Orang Teguh Pendirian

No comment 147 views

Berikut artikel Obama Puji Ali sebagai Orang Teguh Pendirian , Semoga bermanfaat

WASHINGTON, Kompas.com — Presiden AS Barack Obama memuji petinju legendaris Muhammad Ali sebagai sosok yg berani mempertahankan pendirian, baik di dalam maupun di luar ring.

Muhammad Ali yg yaitu juara dunia tinju kelas berat 1964-1967, 1974-1978, dan 1978-1980 meninggal dunia di Phoenix Arizona pada usia 74 tahun, Jumat (Sabtu WIB).

Ia meninggal akibat komplikasi penyakit dengan sindroma parkinson yg diidapnya sejak 20 tahun lalu.

Obama juga memuji Ali sebagai orang yg mau berjuang untuk orang lain. “Perjuangannya di luar ring sudah membuatnya kehilangan gelar dan posisinya sebagai tokoh masyarakat. Ia sudah menciptakan banyak musuh dan bahkan nyaris membawanya ke penjara,” kata Obama.

“Namun, Ali tetap bertahan. Kemenangannya pada masa dulu sudah membawa kalian ke Amerika yg kalian kenal sekarang,” kata Obama.

Muhammad Ali lahir di Louisville, Kentucky, Januari 1942 dengan nama Cassius Marcellus Clay. Ia meraih medali emas untuk negaranya di Olimpiade Roma 1960 sebelum menjadi juara dunia tinju kelas berat pada 1964.

Kisah hidupnya yg kontroversial dimulai saat ia menetapkan memeluk agama Islam dan mengubah nama menjadi Muhammad Ali. Pada 1967, ia dijatuhi hukuman berupa pencabutan gelar juara karena menolak ikut wajib militer dan dikirim ke Vietnam.

Setelah hukumannya habis pada 1970, Ali kembali ke ring dan kemudian merebut gelar juara dunia tinju kelas berat dengan memukul KO George Foreman pada 1974. Ali mempertahankan gelar juara dunia hingga 1978 saat kalah dari Leon Spinks.

Ali terakhir kali bertarung pada 1981. Tiga tahun kemudian, ia diketahui mengidap sindroma parkinson yg dideritanya sebagai akumulasi pukulan yg diterima di bagian kepala selama bertahun-tahun.

Meski sudah pensiun dan sakit parah, Ali selalu berusaha menjadi panutan bagi banyak orang. Pada  pembukaan Olimpiade Atlanta 1996, Ali membuat jutaan orang menangis saat ia dengan tangan gemetar dan kaki yg agak sulit melangkah menaiki tangga buat menyalakan api Olimpiade.

Sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2016/06/04/21251451/obama.puji.ali.sebagai.orang.teguh.pendirian.
Terima kasih sudah membaca berita Obama Puji Ali sebagai Orang Teguh Pendirian . Silahkan baca berita lain tentang Olahraga lainnya.

Tags:

Leave a reply "Obama Puji Ali Sebagai Orang Teguh Pendirian"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.