MotoGP 2016, Musim Penuh Rekor

No comment 170 views

Berikut artikel MotoGP 2016, Musim Penuh Rekor, Semoga bermanfaat

KOMPAS.com – MotoGP 2016 berakhir dengan Marc Marquez keluar sebagai juara dunia. Bagi pebalap Repsol Honda yang berasal Spanyol tersebut, ini yaitu gelar ketiganya di MotoGP setelah 2013 dan 2014.

Marquez juga menjadi pebalap yg paling banyak memenangi balapan musim ini merupakan lima kali. Dia sekali gagal finis setelah terjatuh ketika balapan GP Australia di Sirkuit Phillip Island.

Marquez mengunci gelar juara dunia musim ini setelah memenangi balapan GP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Oktober. Ketika itu masih ada tiga seri yg belum digelar.

Valentino Rossi (Movistar Yamaha) menutup musim dengan berada di urutan kedua klasemen, sementara rekan sesuatu timnya, Jorge Lorenzo, berada di urutan ketiga.

MotoGP 2016 juga diwarnai dua rekor baru, berikut ini di antaranya.

1. Empat pebalap raih kemenangan perdana

Empat pebalap meraih kemenangan perdana sejak ikut MotoGP. Mereka adalah Jack Miller (Marc VDS), Andrea Iannone (Ducati), Cal Crutchlow (LCR Honda), dan Maverick Vinales (Suzuki Ecstar).

Miller membuat kejutan besar saat memenangi balapan GP Belanda di Sirkuit Assen yg bagi kali pertama digelar pada hari Minggu. Balapan 26 putaran ini sempat dihentikan karena hujan lebat.

MOTOGP.COM Pebalap Marc VDS yang berasal Australia, Jack Miller, merayakan kemenangannya pada balapan GP Belanda di Sirkuit Assen, Minggu (26/6/2016).

Miller finis di depan Marquez dan Scott Redding (Pramac Ducati). Dia menjadi pebalap pertama di luar rider pabrikan yg memenangi balapan musim ini.

Bagi Miller, ini yaitu kali pertama dia naik podium sejak terakhir menjuarai GP Valencia 2014 di kelas Moto3.

Iannone memenangi balapan GP Austria di Red Bull Ring yg yaitu seri ke-10. Dia finis di depan rekan sesuatu timnya, Andrea Dovizioso. Lorenzo menyusul finis di urutan ketiga.

Balapan di lintasan basah kembali hadir pada GP Ceko di Sirkuit Brno. Crutchlow kali ini yg berhasil menguasai podium tertinggi setelah finis di urutan pertama, di depan Rossi dan Marduez.

MOTOGP.COM Pebalap Suzuki Ecstar yang berasal Spanyol, Maverick Vinales, merayakan kemenangannya pada balapan GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (4/9/2016).

Vinales menjadi pebalap keempat yg meraih kemenangan perdana sejak naik ke MotoGP pada 2015. Dia menjuarai balapan GP Inggris di Sirkuit Silverstone. Crutchlow dan Rossi finis di urutan kedua dan ketiga.

Bagi Suzuki, ini yaitu kemenangan perdana mereka di kelas premier sejak terakhir Chris Vermuelen (Australia) menjuarai balapan GP Perancis 2007.

Empat pebalap berhasil meraih kemenangan pertamanya dalam sesuatu musim juga yaitu rekor baru dalam persaingan MotoGOP.

2. Delapan pemenang berbeda secara beruntun

Ada delapan pebalap berbeda yg memenangi balapan secara berurutan. Rekor ini dimulai dengan saat Lorenzo memenangi balapan GP Italia dan berakhir dengan keberhasilan Dani Pedrosa (Repsol Honda) memenangi balapan GP San Marino.

MOTOGP.COM Pebalap Movistar Yamaha yang berasal Spanyol, Jorge Lorenzo, bereaksi setelah memenangi balapan GP Italia di Sirkuit Mugello, Minggu (22/5/2016).

Di antara Lorenzo dan Pedrosa, ada  Rossi yg memenangai GP Catalunya, Miller (GP Belanda), Marquez (GP Jerman), Iannone (GP Austria), Crutchlow (GP Ceko), dan Vinales (GP Inggris).

Rekor delapan pemenang berbeda secara beruntun ini mematahkan catatan sebelumya yakni tujuh pemenang berbeda yg terjadi akan GP Imola 1999 hingga GP Afrika Selatan 2000.

3. Sembilan pemenang dalam sesuatu musim

Ada sembilan pemenang berbeda pada 18 seri MotoGP 2016, yg yaitu rekor baru. Catatan ini melebihi rekor sebelumnya yg terjadi pada 2000.

Pada musim 2000, saat kelas premier masih bernama 500cc, ada delapan pemenang berbeda dari 16 seri yg digelar. Pemenang terbanyak adalah Kenny Roberts Jr (AS) yg akhirnya menjadi juara dunia bersama Suzuki.

MOTOGP.COM Pebalap Repsol Honda yang berasal Spanyol, Dani Pedrosa, merayakan kemenangannya pada balapan GP San Marino di Sirkuit Misano, Minggu (11/9/2016).

Pada 2016, Pedrosa menjadi pebalap ke-8 yg meraih kemenangan setelah finis di urutan pertama pada GP San Marino. Dovizioso yg memenangi balapan GP Malaysia memastikan rekor baru tercipta.

Berikut ini daftar 9 pemenang pada MotoGP 2016.

1. Jorge Lorenzo (4 – GP Qatar, GP Perancis, GP Italia, GP Valencia)
2. Marc Marquez (5 – GP Argentina, GP Americas, GP Jerman, GP Aragon, GP Jepang)
3. Valentino Rossi (2 – GP Spanyol, GP Catalunya)
4. Jack Miller (1 – GP Belanda)
5. Andrea Iannone (1 – GP Austria)
6. Cal Crutchlow (2 – GP Ceko, GP Australia)
7. Maverick Vinales (1 – GP Inggris)
8. Dani Pedrosa (1 – GP San Marino)
9. Andrea Dovizioso (1- GP Malaysia)

Sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2016/12/20/18000071/motogp.2016.musim.penuh.rekor
Terima kasih sudah membaca berita MotoGP 2016, Musim Penuh Rekor. Silahkan baca berita lain tentang Olahraga lainnya.

Tags:

Leave a reply "MotoGP 2016, Musim Penuh Rekor"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.