Marc Marquez Dan Kenangan Di Sirkuit Motegi Jepang

No comment 100 views

Berikut artikel Marc Marquez dan Kenangan di Sirkuit Motegi Jepang, Semoga bermanfaat

KOMPAS.com – Rekor demi rekor dicatat pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. Terakhir, dia meraih kemenangan ke-54 di kelas premier setelah menjuarai GP Aragon, 25 September lalu.

Catatan tersebut menyamai rekor salah sesuatu legenda balap yang berasal Australia, Mick Doohan. Marquez mencatat rekor ini saat masih berusia 23 tahun.

Sejak naik ke MotoGP pada 2013, Marquez telah mengantongi total 28 kemenangan. Dia kini juga makin dekat dengan gelar juara dunia ketiga setelah 2013 dan 2014.

Marquez telah pernah merasakan menjadi pemenang di hampir seluruh sirkuit yg masuk kalender balap MotoGP. Hanya beberapa sirkuit yg masih belum berhasil dia taklukkan di kelas permier.

Sirkuit Red Bull Ring (Austria) bagi kali pertama menjadi tuan rumah grand prix pada musim ini dan Andrea Iannone (Italia) keluar sebagai pemenang.

Iannone yaitu pebalap Ducati pertama yg memenangi balapan sejak Casey Stoner (Australia) pensiun dari MotoGP pada akhir 2012.

Sirkuit berikutnya yg belum pernah memberi Marquez kemenangan sejak naik ke MotoGP adalah Twin Ring Motegi, Jepang. Marquez pernah menang di sini ketika masih di kelas 125cc (2010) dan Moto2 (2012).

Meski begitu, Marquez milik kenangan khusus selama tiga musim MotoGP membalap di Sirkuit Motegi. Berikut daftarnya.

MotoGP 2013

GP Jepang yaitu seri ke-17 dari 18 yg dijadwalkan pada MotoGP 2013.

Marquez telah memenangi enam balapan dan memimpin klasemen pebalap dengan keunggulan 18 poin atas Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha) ketika tiba ke Sirkuit Motegi.

Hujan mewarnai sesi latihan GP Jepang. Pada hari balapan, Marquez mengalami kecelakaan ketika turun pada sesi pemanasan, dua jam sebelum race.

Lorenzo yg memulai balapan dari pole position akhirnya finis di urutan pertama. Marquez finis di urutan kedua dan keunggulannya atas Lorenzo terpangkas menjadi 13 poin.

Persaingan menjadi juara dunia berlanjut di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, yg yaitu seri terakhir. Marquez akhirnya menjadi juara dunia setelah finis di urutan keempat pada GP Valencia.

MotoGP 2014

Pada tahun keduanya di MotoGP, Marquez mendominasi sejak awal hingga akhir musim. Dia memenangi 10 balapan pertama secara beruntun.

Marquez meraih kemenangan ke-11 di Sirkuit Silverstone (Inggris) yg yaitu balapan ke-12 pada MotoGP 2014.

Setelah hasil mengecewakan pada GP San Marino (finis ke-15) dan GP Aragon (ke-13), Marquez diprediksi mulai meraih kemenangan ke-12-nya di Sirkuit Motegi.

Namun, yg terjadi di lintasan tidak berjalan sesuai prediksi. Andrea Dovizioso (Ducati) mendapatkan pole position, sementara Marquez start dari posisi ke-4.

Saat balapan, Lorenzo yg akhirnya finis di urutan pertama. Meski finis di urutan kedua, Marquez telah milik cukup poin bagi memastikan gelar juara dunia MotoGP keduanya.

Marquez bahkan berhasil tidak mengurangi beberapa kemenangan lagi pada musim ini dengan finis di urutan pertama pada balapan GP Malaysia dan GP Valencia.

MotoGP 2015


MotoGP 2015 jadi musim paling rumit untuk Marquez. Dia dua kali mengalami kecelakaan pada musim ini. Saat tiba ke Sirkuit Motegi bagi menjalani seri ke-15, Marquez bukanlah calon kuat juara dunia.

Marquez memang telah memenangi empat seri, tapi ada dua balapan saat dia tak meraih sesuatu poin pun karena tak mampu finis.

Dengan tanpa ada tekanan buat menjadi juara dunia, apakah Marquez akhirnya menang di Sirkuit Motegi? Tidak. Bahkan, bagi kali pertama dalam tiga musim terakhir, dia gagal naik podium setelah finis di urutan keempat.

Podium ditempati Dani Pedrosa (Repsol Honda), Valentino Rossi (Movistar Yamaha), dan Lorenzo, yg finis di urutan pertama hingga ketiga.

Baca juga: Marquez Bisa Jadi Juara Dunia 2016 di Jepang

Sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2016/10/06/14280291/.marc.marquez.dan.kenangan.di.sirkuit.motegi.jepang
Terima kasih sudah membaca berita Marc Marquez dan Kenangan di Sirkuit Motegi Jepang. Silahkan baca berita lain tentang Olahraga lainnya.

Tags:

Leave a reply "Marc Marquez Dan Kenangan Di Sirkuit Motegi Jepang"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.