Mantan Rekan Satu Tim Schumacher Di Ferrari Putuskan Pensiun

Berikut artikel Mantan Rekan Satu Tim Schumacher di Ferrari Putuskan Pensiun , Semoga bermanfaat

KOMPAS.com – Pebalap Formula 1 (F1) yang berasal Brasil, Felipe Massa, menetapkan mulai pensiun pada akhir musim 2016. Keputusan ini disampaikan Massa melalui tulisan kolomnya pada Motorsport.com, Kamis (1/9/2016).

“Dalam dua bulan terakhir aku banyak berpikir mengenai masa depan dan sudah menetapkan bahwa pada akhir musim ini, aku mulai meninggalkan Formula 1,” tulis Massa.

Massa memulai debut balapan F1 bersama tim Sauber pada 2002. Sejak itu, pebalap 35 tahun ini sudah mengikuti 242 seri balap dan memenangi 11 seri balap di antaranya.

Massa nyaris menjadi Juara Dunia F1 2008. Namun, prestasi tersebut gagal dicapai setelah dikalahkan Lewis Hamilton dengan selisih sesuatu poin.

Di sisi lain, masa depan Massa pada ajang balap F1 masih belum menemui titik terang. Williams selalu mempertimbangkan opsi pebalap bagi musim 2017, tapi sampai ketika ini belum mengumumkan nama-nama pebalap yg dipilih.

“Kehidupan memberi kalian begitu banyak pilihan dan buat aku ini adalah waktunya bagi pergi dan coba satu yg baru,” kata pebalap kelahiran Sao Paulo itu.

Mungkin Anda mulai melihat aku lagi membalap, tapi ketika ini, satu-satunya hal yg pasti adalah aku mulai milik banyak waktu bagi menetapkan apa yg mulai aku lakukan pada masa depan,” tuturnya.

Massa menghabiskan tiga musim pertamanya pada F1 di Sauber (2002, 2004-2005) sebelum pindah ke Ferrari. Pada musim pertamanya di tim Kuda Jingkrak, Massa membalap bersama Michael Schumacher.

Setelah Schumacher pensiun pada 2006, Massa bertandem dengan Kimi Raikkonen dari musim balap 2007 hingga 2009. Massa kemudian melanjutkan karier balapnya di Ferrari dengan Fernando Alonso pada musim 2010-2012.

Pada 2013, Massa memilih hijrah ke tim Williams hingga sekarang.

“Saya memilih umumkan pensiun dari F1 di Monza bukan tanpa alasan. Sepuluh tahun dulu di Monza, seorang pebalap juga mengumumkan pensiun, dan dia adalah pebalap yg memberi pengaruh besar dalam karier balap saya, Michael Schumacher,” kata Massa.

“Sepuluh tahun dari hari itu dan di paddock sama, aku menetapkan bagi mengatakan keputusan pensiun,” ujarnya lagi.

Selama 14 tahun berkarier di ajang balap F1, banyak hal yg terjadi dalam kehidupan Massa, termasuk cedera kepala parah yg menimpanya pada GP Hungaria 2009. Akibat cedera tersebut, Massa harus absen sekitar separuh musim.

Namun begitu, Massa menyebut periode itu bukanlah yg terburuk dalam karier balap F1. Menurut dia, insiden “crashgate” pada GP Singapura 2008 adalah momen terburuk sepanjang karier balap.

“Tanpa insiden itu, aku mungkin memenangi gelar F1 2008,” ucap Massa.

Hingga GP Belgia yg menjadi seri balap ke-13 musim ini, Massa menempati peringkat ke-10 dengan 39 poin. Pencapaian terbaik Massa ialah finis kelima pada GP Australia dan GP Rusia. (Diya Farida)

Sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2016/09/02/07413981/mantan.rekan.satu.tim.schumacher.di.ferrari.putuskan.pensiun.
Terima kasih sudah membaca berita Mantan Rekan Satu Tim Schumacher di Ferrari Putuskan Pensiun . Silahkan baca berita lain tentang Olahraga lainnya.

Tags:

Leave a reply "Mantan Rekan Satu Tim Schumacher Di Ferrari Putuskan Pensiun"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.