Jelang SEA Games, Pemeriksaan Doping Atlet Diperketat

No comment 94 views

Berikut artikel Jelang SEA Games, Pemeriksaan Doping Atlet Diperketat, Semoga bermanfaat

KUALA LUMPUR, Kompas.com – Menjelang berlangsungnya SEA Games 2017, tuan rumah Malaysia terpukul masalah tuduhan doping yg menimpa enam anggota pelatnas sepak takraw termasuk tiga orang pelatih.

Keenam pemain dan tiga ofisial ini dijatuhi hukuman skorsing oleh Federasi Sepak Takraw Internasional (ISTAF) karena menolak menjalani tes doping  ketika mengikuti turnamen Piala Raja di Bangkok, Thailand.

Asosiasi Anti-doping  Malaysia (ADAMAS) membenarkan skorsing ini melalui pernyataan tertulis, Rabu (23/11/2016).  Mereka menyebut bahwa peserta diwajibkan memasukan sampel urine mereka, namun tim Malaysia menolak.

ADAMAS juga menyebut tiga ofisial dijatuhi hukuman serupa  karena menolak bekerjasama dengan badan anti-doping yg dipercaya oleh ISTAF buat melakukan pemriksaan.

ADAMAS juga menjelaskan para pemain dan ofisial ini memiliki waktu 14 hari buat melakukan banding.

Dalam peraturan yg dikeluarkan badan anti-doping dunia (WADA) disebut penolakan buat memberi sampel urine yaitu pelanggaran. Mereka yg terlibat terancam hukuman skorsing antara beberapa hingga maksimum empat tahun setelah dikerjakan pemeriksaan yg seksama.

Kasus ini memperlihatkan kelemahan dalam sosialisasi mau pengawasan terhadap penggunaan obat terlarang di kalangan atlet.  Lemahnya pengawasan ini membuat para atlet mau pun ofisial tak waspada terhadap pengawasan ketat ketika mereka bertanding di luar negeri.

Beberapa nama besar olahraga yg pernah tersandung masalah ini antara yang lain Lance Armstrong, Lee Chong Wei dan Maria Sharapova.

Di Indonesia -dan Malaysia- pemeriksaan penggunaan obat terlarang jarang dikerjakan karena tingginya biaya. Sehingga ada anekdot di PON lalu, lebih baik mampu bonus dari medali perak tapi pasti, ketimbang bonus dari medali emas tapi harus menjalani pemeriksaan doping.

Sepaktakraw yaitu sesuatu cabang andalan Malaysia bagi mendulang pingat (medali) emas di SEA Games, Agustus 2017.

Sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2016/11/26/09370071/jelang.sea.games.pemeriksaan.doping.atlet.diperketat
Terima kasih sudah membaca berita Jelang SEA Games, Pemeriksaan Doping Atlet Diperketat. Silahkan baca berita lain tentang Olahraga lainnya.

Tags:

Leave a reply "Jelang SEA Games, Pemeriksaan Doping Atlet Diperketat"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.