Inilah 4 Sirkuit Yang Bakal Menantang Sean Gelael!

No comment 111 views

Berikut artikel Inilah 4 Sirkuit yang Bakal Menantang Sean Gelael!, Semoga bermanfaat


KOMPAS.com –
Setelah menyelesaikan balapan ketujuh di seri GP2 2016 pada penghujung Juli, Sean Gelael bersama Tim Pertamina Campos Racing cuma milik waktu kurang lebih tiga pekan bagi siap menuju sirkuit-sirkuit selanjutnya. Setidaknya, sampai akhir musim, masih ada empat sirkuit harus ia jumpai hingga November mendatang.

Bagaimana langkah pebalap muda ini selanjutnya? Berikut sirkuit-sirkuit yg mulai menguji nyali Sean selanjutnya.

Spa-Francorchamps, Belgia

Sirkuit ini berada di sebuah pedesaan, tepatnya di tengah hutan Ardenes yg terletak di Belgia. Tak heran, pemandangan sekelilingnya penuh dengan hutan hijau nan indah.

Namun, di balik keindahan itu, sirkuit ini memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi dan tergolong berbahaya, karena karakter lintasannya yg high speed. Panjang lintasannya mencapai 7,004 kilometer dengan 21 tikungan. Tantangan terbesarnya adalah kontur jalanan yg naik turun.

Aksi Sean di lintasan ini mulai berlangsung pada 26-28 Mei 2015 mendatang. Sebelumnya, Sean pernah beberapa kali menjumpai srkuit tersebut.

Pada kejuaraan Formula 3, ia sempat mendapatkan poin di sini. Sementara itu, pada Formula 3.5 Sean menempati posisi 12.

Monza, Italia

Sirkuit Autodromo Nazionale Monza berada di tepian kota Milan, Italia. Sean dijadwalkan mulai beraksi di sini pada 2-4 September 2016.

Monza yaitu sirkuit yg sangat terkenal di Italia karena memiliki karakteristik lintasan lurus dan tikungan lebar. Karakter itu ternyata cukup membuat para pebalap kewalahan.

Bahkan, sejarah mencatat tidak sedikit kecelakaan yg terjadi akibat karakter sirkuit tersebut. Kecelakaan paling terkenal adalah kematian pembalap Wolfgang von Trips pada 1961.

Bertemu dengan sirkuit yg sesuatu ini, bukanlah hal pertama untuk Sean. Saat Forula 3, ia sempat mencicipi dan berhasil finish pada tiga putaran balapan race.

GP2 SERIES Pebalap Pertamina Campos Racing, Sean Gelael (kiri, Indonesia) dan Mitch Evans (Selandia Baru).

Sekadar kilas balik, kala itu, di antara 30 pebalap berpengalaman dari berbagai benua, Sean sempat susah payah berjuang dari urutan ke-27 pada race pertama. Tapi, ia kemudian bisa mengatasi lomba di lintasan licin akibat hujan pada race kedua dan ketiga. Finish terbaiknya ada pada urutan ke-14.

Sepang, Kuala Lumpur

Sepang berjarak kurang lebih 50 kilometer di selatan kota Kuala Lumpur. Dari catatannya, inilah pertama kali Sean mulai menjumpai sirkuit tersebut.

Jadwalnya, Sean mulai menapaki Sirkuit Sepang, Kuala Lumpur pada 30 September – 2 Oktober 2016. Dengan panjang lintasan 5,543 kilometer dan karakter lintasan yg lebar, Sepang menjadi sirkuit idaman para pebalap.

Yas Marina

Yas Marina selesai dibangun pada 2009. Selama aksi balapnya, Sean baru sekali bertanding di sirkuit ini, merupakan ketika menjajal aksinya di balapan GP2 tahun lalu.

Sirkuit ini menyajikan tantangan berupa beberapa jalur lurus yg panjang sebelum memasuki serangkaian tikungan dengan kondisi lintasan seakan tanpa akhir. Dengan demikian, Sean harus mempersiapkan diri berhadapan dengan sirkuit sepanjang 5,554 kilometer dan 21 tikungan ini.

Sementara itu, strategi yg harus dipersiapkan adalah jalur keluar pit-lane yang rumit. Jalur tersebut mengharuskan pebalap melalui belokan di dalam terowongan sebelum masuk kembali ke lintasan. Letaknya mirip seperti area parkir bawah tanah.

Tak pelak, Yas Marina yaitu sirkuit yg rumit dan teknikal bagi ditaklukkan. Untuk itu, Sean harus cepat beradaptasi.

Sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2016/08/18/08120061/Inilah.4.Sirkuit.yang.Bakal.Menantang.Sean.Gelael.
Terima kasih sudah membaca berita Inilah 4 Sirkuit yang Bakal Menantang Sean Gelael!. Silahkan baca berita lain tentang Olahraga lainnya.

Tags:

Leave a reply "Inilah 4 Sirkuit Yang Bakal Menantang Sean Gelael!"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.