Hockenheim Belum Jadi Sirkuit Keberuntungan Sean Gelael

No comment 107 views

Berikut artikel Hockenheim Belum Jadi Sirkuit Keberuntungan Sean Gelael, Semoga bermanfaat

KOMPAS.com – Akhir minggu lalu, Sabtu (29/7/2016) hingga Minggu (30/6/2016), menjadi masa-masa penuh perjuangan buat pebalap Pertamina Campos Racing yg didukung ‘Jagonya Ayam KFC Indonesia’; Muhammad Sean Gelael dan Mitch Evans. Pasalnya, kedua pebalap itu tidak sempat mengantongi poin pada laga GP2 ketujuh di Hockenheim, Jerman.

Pada kilas baliknya, ketika feature race, Sean melakukan start dari posisi ke-21 dan sempat merangsek ke posisi 13. Sayangnya, kemampuan itu tidak bisa dipertahankan.

Saat memasuki tikungan delapan, mobil Sean tiba-tiba ditabrak pebalap MP Motorsport, Daniel De Jong, yg berupaya menyodok dari sisi dalam. Dengan begitu, Sean harus mengakhiri balapan pada lap kesembilan.

“Tentu aku sangat kecewa karena telah memulai balapan dengan bagus. Saya telah berupaya tak membuat kesalahan, tapi justru mendapat hasil buruk karena kesalahan pebalap lain,” ujar Sean.

Pada hari berikutnya—sprint race—Sean start dari posisi ke-19 dan sempat meluncur ke posisi ke-15. Namun, lagi-lagi ia tidak dapat menyelesaikan balapan, karena mobil yg digunakan sebagai senjata di GP2 miliknya mengalami gangguan, terutama di sayap kanan depan.

Keadaan itu akhirnya membuat Sean harus masuk pit stop sebanyak beberapa kali. Dia tak dapat mengikuti balapan sampai lap terakhir.

“Ya, ini balapan yg sulit. Terlebih lagi, sayap depan mobil aku rusak,” ujar Sean.

Bagi Sean, kejadian seperti itu mulai dievaluasi bersama dengan tim. Bahkan, katanya, tidak perlu terburu-buru (mengevaluasi). Sebab, dia dan Evans memiliki rentang waktu sedikit panjang, yakni kurang lebih tiga minggu sebelum balapan kedelapan dimulai.

“Mudah-mudahan kalian dapat mendapatkan hasil yg lebih bagus pada balapan berikutnya,” kata Sean.

Sementara itu, ketidakberuntungan yg dialami Sean juga menghampiri Evans. Pebalap yang berasal Selandia Baru ini harus masuk pit stop ketika feature race, karena rem mobilnya bermasalah. 

Tapi, bagaimanapun juga Evans masih lebih beruntung dari Sean. Pebalap berusia 22 tahun itu masih mampu melanjutkan balapan dan finish lagi di urutan kesepuluh ketika sprint race, meski belum berhasil menambahkan poin.

Strategi waktu yg dikerjakan pebalap GP2 sebenarnya ada pada pit stop. Berbeda dengan feature race yg dilangsungkan Sabtu, pada balapan sprint itu para pebalap tak diwajibkan masuk pit stop.

Karena itulah, kebanyakan orang memanfaatkan sesi balapan ini bagi menghemat waktu. Logika yg mendasari adalah dengan masuk pit stop sehinggaotomatis si pebalap mulai kehilangan waktu.  

Dok Tim Jagonya Ayam Perjalanan Sean dan Evans tak mulai lama lagi. Balapan GP2 di musim ini tinggal empat seri lagi.

Sekilas Hockeinheim

Kembali menoleh pada historinya, untuk Sean dan Evans, Sirkuit Hockenheim bukan tempat asing. Kedua pebalap itu sebelumnya pernah tampil di sirkuit yg memiliki panjang lintasan 4,574 kilometer ini.

Sean sendiri pernah menjajal kemampuan di Hockeinheim saat tampil di ajang balap F3 Eropa bersama Tim Jagonya Ayam pada 2013 dan 2014. Sementara itu, Evans telah mencicipi lintasan ini ketika berlaga di GP2 musim 2013 dan 2014.

Sirkuit Hockeinheim memiliki tantangan 16 tikungan. Namun, sirkuit ini relatif memiliki karakter balapan cepat. Pada sesuatu bagian setelah tikungan ketiga, terdapat lintasan lurus yg panjangnya berbentuk kurva landai dimana kadang dijadikan tempat ideal buat pebalap yg ingin menyusul pebalap lain.

Perjalanan Sean dan Evans tak mulai lama lagi. Balapan GP2 di musim ini tinggal empat seri lagi. Empat sirkuit itu adalah Sirkuit SPA-Francorchamps Belgia, Sirkuit Monza Italia, Sirkuit Sepang Malaysia, dan terakhir Sirkuit Yas Marina di Abu Dhabi.

Sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2016/08/03/14321541/hockenheim.belum.jadi.sirkuit.keberuntungan.sean.gelael
Terima kasih sudah membaca berita Hockenheim Belum Jadi Sirkuit Keberuntungan Sean Gelael. Silahkan baca berita lain tentang Olahraga lainnya.

Tags:

Leave a reply "Hockenheim Belum Jadi Sirkuit Keberuntungan Sean Gelael"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.