Hamilton Raih Kemenangan Ke-3 Beruntun Di Inggris, Rio Dan Wehrlein Gagal Finis

Berikut artikel Hamilton Raih Kemenangan Ke-3 Beruntun di Inggris, Rio dan Wehrlein Gagal Finis, Semoga bermanfaat

SILVERSTONE, KOMPAS.com – Pebalap Manor Racing yang berasal Indonesia, Rio Haryanto, gagal finis setelah terhenti pada lap ke-27 balapan GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (10/7/2016).

Pebalap tuan rumah yg memperkuat Mercedes, Lewis Hamilton, berhasil finis di urutan pertama dan mencatat kemenangan keempatnya di kandang setelah 2008, 2014, dan 2015.

Balapan 52 putaran ini dimulai saat hujan masih mengguyur lintasan dan para pebalap harus menggunakan ban basah.

Balapan dimulai dengan Safety Car (SC) di depan bagi memastikan balapan dapat berjalan dengan aman. SC masuk pada akhir lap kelima, dan balapan pun dimulai.

Beberapa pebalap segera masuk ke pit bagi mengganti ban basah (strip biru) mereka dengan ban intermadiate (strip hijau).

Beberapa pebalap di depan, termasuk pole-sitter Lewis Hamilton (Mercedes) yg berada di posisi pertama, memilih melakukan dua putaran lagi sebelum akhirnya mengganti ban.

Insiden terjadi di tikungan 1 lap ketujuh. Pascal Wehrlein (Manor Racing) meluncur keluar lintasan dan berhenti di gravel.

Ban mobil Wehrlein tak menapak dengan baik di atas permukaan karena ada genangan air di lintasan. Mobil Wehrlein kehilangan cengkeraman dan tidak dapat dikendalikan lagi.

“Saya keluar, aquaplaning, tak ada kesempatan,” kata Wehrlein kepada tim lewat radio.

Sebastian Vettel (Ferrari) jadi pebalap pertama yg berganti menggunakan ban slick berkompon medium (strip putih) pada akhir lap ke-16.

Pada lap ke-17, Nico Rosberg (Mercedes) kehilangan tempatnya di posisi kedua setelah terlewati Max Verstappen (Red Bull Racing).

Fernando Alonso (McLaren) keluar lintasan ketika melewati tikungan 1 atau Abbey pada lap ke-25. Dia nyaris terlewati Valtteri Bottas (Williams).

Carlos Sainz Jr (Toro Rosso) juga mengalami insiden. Dia melintir di tikungan yg sama dengan Alonso.

Abbey kembali jadi momok para pebalap. Kali ini, Rio yg jadi korban. Dia kehilangan kendali mobil dan melebar dulu menabrak pembatas.

Pada lap ke-28, giliran Hamilton yg melintir di Abbey. Dia dapat kembali lintasan dan masih memimpin balapan.

Tak lama berselang, Verstappen juga mengalami insiden serupa di tempat yg sama. Dia juga masih bertahan di posisi kedua.

“Saya sedikit mengalami persoalan dengan ban belakang,” kata Verstappen lewat radio saat balapan masih tersisa 15 putaran.

Usaha Verstappen buat mempertahankan posisinya berakhir pada lap ke-39 setelah Rosberg melewatinya di tikungan 15 atau Stowe.

Dengan 14 lap tersisa, Rosberg tertinggal 8,5 detik dari Hamilton yg memimpin balapan. Rosberg menipiskan jarak mereka menjadi 5,6 detik dengan tujuh lap tersisa.

Pada lap ke-47, Rosberg memberi tahu tim Mercedes bahwa ada persoalan dengan gearbox-nya. Dia kehilangan kecepatan dan Verstappen akan mendekat.

Rosberg kini tertinggal 11 detik dari Hamilton dan cuma unggul sekitar beberapa detik dari Verstappen.

Mercedes memberi info bahwa gigi ketujuh mobil Rosberg bermasalah. Mereka menyarankan Rosberg bagi perpindah ke gigi kedelapan secepat mungkin.

Sementara itu, Kimi Raikkonen (Ferrari) akhirnya berhasil melewati Sergio Perez (Force India) buat mendapatkan tempat kelima ketika mulai melewati Stowe.

Race Control mengumumkan bahwa Rosberg dalam investigasi karena memberikan keterangan tertentu kepada tim lewat radio.

Hamilton masih nyaman berada di depan dan akhirnya menyentuh garis finis. Bagi pebalap 31 tahun tersebut, ini yaitu kemenangan ketiga beruntunnya pada GP Inggris.

Rosberg menyusul finis di urutan kedua, 6,9 detik di belakang Hamilton. Namun, dia masih harus menghadapi investigasi setelah balapan.

Verstappen melengkapi podium dengan finis di urutan ketiga. Rekan sesuatu timnya, Daniel Ricciardo, menyusul finis di urutan keempat.

Berikut hasil balapan GP Inggris.

1. Lewis Hamilton GBR Mercedes-Mercedes52 laps 1h 34m 55.831s
2. Nico Rosberg GER Mercedes-Mercedes 6.9s# 
3. Max Verstappen NED Red Bull-TAG Heuer 8.2s 
4. Daniel Ricciardo AUS Red Bull-TAG Heuer 26.2s 
5. Kimi Raikkonen FIN Ferrari-Ferrari 69.7s 
6. Sergio Perez MEX Force India-Mercedes 76.9s 
7. Nico Hulkenberg GER Force India-Mercedes 77.7s 
8. Carlos Sainz Jr ESP Toro Rosso-Ferrari 85.8s 
9. Sebastian Vettel GER Ferrari-Ferrari 91.6s 
10. Daniil Kvyat RUS Toro Rosso-Ferrari 92.6s 

11. Felipe Massa BRZ Williams-Mercedes +1 lap 
12. Jenson Button GBR McLaren-Honda +1 lap 
13. Fernando Alonso ESP McLaren-Honda +1 lap 
14. Valtteri Bottas FIN Williams-Mercedes +1 lap 
15. Felipe Nasr BRZ Sauber-Ferrari +1 lap 
17. Esteban Gutierrez MEX Haas-Ferrari +1 lap 
16. Kevin Magnussen DEN Renault-Renault +1 lap 

Not Classified 

Rtd. Jolyon Palmer GBR Renault-Renault
Rtd. Rio Haryanto INA MRT-Mercedes
Rtd. Romain Grosjean FRA Haas-Ferrari
Rtd. Marcus Ericsson SWE Sauber-Ferrari
Rtd. Pascal Wehrlein GER MRT-Mercedes

Sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2016/07/10/21023021/hamilton.raih.kemenangan.ke-3.beruntun.di.inggris.rio.dan.wehrlein.gagal.finis
Terima kasih sudah membaca berita Hamilton Raih Kemenangan Ke-3 Beruntun di Inggris, Rio dan Wehrlein Gagal Finis. Silahkan baca berita lain tentang Olahraga lainnya.

Tags:

Leave a reply "Hamilton Raih Kemenangan Ke-3 Beruntun Di Inggris, Rio Dan Wehrlein Gagal Finis"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.