Galang Hendra, Dari MiniGP Hingga Balapan Gokart

No comment 89 views

Berikut artikel Galang Hendra, dari MiniGP hingga Balapan Gokart, Semoga bermanfaat

MISANO, KOMPAS.com – Pebalap muda Indonesia, Galang Hendra Pratama, mendapat pelajaran sangat berharga ketika menjalani hari keempat program Yamaha VR46 The Master Camp edisi kedua, Sabtu (17/9/2016).

Galang bergabung dengan empat pebalap muda Asia lainnya merupakan Peerapong Loiboonpeng (Thailand), Soichiro Minamimoto (Jepang), Kasma Daniel Bin Kasmayudin (Malaysia), dan Apiwat Wongthananon (Thailand).

Mereka memulai hari dengan latihan fisik, mencakup simulai balap dan race simulator selama 20 menit. Dalam race simulator dengan sajian tiga lap, Galang dkk merasakan sensasi seperti balapan yg sebenarnya.

“Pertama memakai race simulator pasti sulit dan perlu adaptasi. Race simulator sangat menolong fisik ketika di atas motor tanpa harus ke sirkuit,” kata Fransesco “Pecco” Bagnaia, pebalap Moto3 yg menjadi instruktur.

Mereka juga menjalani latihan pilates atau senam yg berdurasi 30 menit.

“Dengan melakukan pilates, badan aku menjadi lebih rileks, terlebih setelah latihan di Misano dan Motor Ranch. Kalau race simulator, awalnya aku butuh adaptasi. Setelah putaran kedua dan ketiga rasanya seperti ketika membawa motor di sirkuit yang  sesungguhnya,” kata Galang.

Para pebalap muda ini dulu berlatih dengan sepeda statis buat pelemasan otot-otot. Setelah itu, mereka beristirahat dan makan siang.

Mereka dahulu berlatih dan balapan MiniGP di Sirkuit Misano, San Marino. Dengan motor bersilinder kecil, mereka menggunakan lintasan sepanjang 890 meter dari total panjang trek Misano (4,2 km).

Spesifikasi motor MiniGP yg dipakai ialah mesin 150cc, enam percepatan dan tenaga sekitar 15 HP (Horse Power). Top speed-nya mampu mencapai 150 km/jam.

Pebalap Moto3 yg memperkuat Sky Racing Team VR4, Niccolo Bulega, mendampingi para pebalap ini bersaing di Misano. Latihan berlangsung dalam beberapa sesi yg masing-masing berdurasi 15 menit.

Setelah itu, mereka menjalani sesi kualifikasi pertama dan kedua, yg dilanjutkan dengan balapan sebanyak 15 lap. Galang finis sebagai runner-up pada balapan ini.

YAMAHA RACING INDONESIA Pebalap Indonesia, Galang Hendra (kanan), berpose di atas podium bersama Kasma Daniel Bin Kasmayudin (Malaysia, tengah) dan Apiwat Wongthananon (Thailand) setelah menyelesaikan latihan MiniGP di Sirkuit Misano, San Marino, Sabtu (17/9/2016).

Pada Master Camp pertama, Juli lalu, para peserta program ini juga menjalani latihan MiniGP di Sirkuit Jeepers Kart & Pit Bike, Cattolicca, dengan Bagnaia sebagai instruktur.

“Saya lebih suka sirkuit ini dari pada yg di Jeepers karena ini lebih panjang dan keadaan aspal lebih bagus. Latihan ini baik sekali buat meningkatkan skill saya,” kata Galang.

Pelatihan hari ini ditutup dengan sesi balap gokart yg disediakan pihak Birel-Art dan TM Racing.

Menu baru dalam Master Camp ini berlangsung dalam empat tahap yg masing-masing berlangsung selama 15 menit.

YAMAHA RACING INDONESIA Pebalap Indonesia, Galang Hendra Pratama (dua dari kanan), berpose bersama peserta Master Camp edisi kedua sebelum menjalani latihan dan balap gokart di Italia, Sabtu (17//9/2016).

Bagi Galang, ini yaitu pengalaman pertama balapan gokart. Dia mendapatkan seragam khusus dengan desain seperti pebalap Formula 1, lengkap dengan tulisan namanya.

“Dengan latihan gokart ini, aku mampu belajar steering control yg lebih baik dalam memakai badan bagian atas dan tangan,” tambah Galang.

 

First position on the Kart and Second position on Mini GP, ???????????? , #ghp99 #yri #yamaharacing #yamaha #pvr #pvrindustries #dc #theexperience #themastercamp #vr46ridersacademy @vr46ridersacademyofficial

A photo posted by GHP99 (@galanghendra99) on Sep 17, 2016 at 2:20pm PDT

Indonesia mengirimkan beberapa pebalap pada program Master Camp edisi kedua ini. Imanuel Putra Pratna tak dapat mengikuti keseluruhan program karena terjatuh ketika menjalani latihan di Sirkuit Misano, Rabu (14/9/2016).

 

Goodluck guys!! too bad i can’t ride with you. #theExperience #themastercamp @birelart

A photo posted by Imanuel Pratna (@elpratna96) on Sep 17, 2016 at 9:38am PDT

Namun, Imanuel tetap tiba ke lokasi latihan buat memberikan dukungan sekaligus belajar.

Sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2016/09/19/10475821/galang.hendra.dari.minigp.hingga.balapan.gokart
Terima kasih sudah membaca berita Galang Hendra, dari MiniGP hingga Balapan Gokart. Silahkan baca berita lain tentang Olahraga lainnya.

Tags:

Leave a reply "Galang Hendra, Dari MiniGP Hingga Balapan Gokart"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.