Dua Hal Yang Dibenahi Untuk Kejar Target Emas Olimpiade

No comment 83 views

Berikut artikel Dua Hal yang Dibenahi untuk Kejar Target Emas Olimpiade, Semoga bermanfaat

JAKARTA, Kompas.com – Tim bulu tangkis Indonesia mulai memperbaiki sektor fisik dan mindset para pemain menjelang berlangsungnya Olimpiade Ripo de Janeiro, Agustus mendatang.

Ketahanan fisik menjadi sesuatu hal yg perlu ditingkatkan dalam persiapan jelang Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Menilai penampilan atlet dalam sejumlah turnamen terakhir, para pelatih tiap sektor menegaskan bahwa fisik atlet perlu dibenahi.

Olimpiade Rio de Janeiro 2016 mulai berlangsung kurang dari beberapa bulan lagi, meski demikian, sisa waktu ini dinilai Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rexy Mainaky masih cukup buat memperbaiki ketahanan fisik para pemain.

“Kami memang menerima laporan dari tiap pelatih, soal ketahanan fisik ini, bahwa masih ada gap yg perlu ditambal. Kami sudah mengadakan rapat khusus dengan para pelatih fisik tiap sektor bagi membahas persiapan latihan fisik jelang olimpiade,” kata Rexy.

“Soal waktu, aku rasa cukup kok. Ditambah dengan program training camp, kalian percaya dapat memperbaiki keadaan fisik anak-anak. Soal fisik ini sangat krusial. Pertandingan di olimpiade ini sangat menegangkan, kalau telah tegang, pengaruhnya mulai ke fisik,” ujar Rexy yg pernah meraih medali emas ganda putra di Olimpiade Atlanta 1996 bersama Ricky Soebagdja.

Hal kedua yg tidak kalah utama adalah mindset. Rexy menyampaikan bahwa pola pikir serta fokus dan konsentrasi atlet di pertandingan sekelas olimpiade adalah hal yg sangat krusial. Pemain-pemain yg masuk ke olimpiade adalah mereka yg telah milik segudang pengalaman di turnamen bergengsi, teknik permainan mereka tidak perlu dipertanyakan lagi. Namun, teknik tidak bisa diaplikasikan dengan baik tanpa adanya ketenangan dalam bertanding.

Untuk itu, PBSI dibantu tim dari Satlak Prima, mulai mendatangkan seorang psikolog olahraga yg bertugas bagi mengatasi permasalahan ini.

Sebelum bertanding di Rio, para atlet mulai menjalani beberapa program training camp. Pada tanggal 10-16 Juli 2016, mereka bakal dikarantina di Kudus (Jawa Tengah). Kemudian program training camp kedua mulai berlangsung di Sao Paulo (Brasil), akan 29 Juli 2016. Cabang olahraga bulutangkis mulai dimainkan pada 11-20 Agustus 2016, di stadion Riocentro – Pavilion 4.

Sebanyak sepuluh pebulutangkis terbaik Indonesia sudah berhasil merebut tiket ke pesta olahraga terbesar di dunia tersebut, mereka adalah Tommy Sugiarto (tunggal putra), Linda Wenifanetri (tunggal putri), Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (ganda putra), Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari (ganda putri), Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/Debby Susanto (ganda campuran).

Sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2016/06/14/14364281/dua.hal.yang.dibenahi.untuk.kejar.target.emas.olimpiade
Terima kasih sudah membaca berita Dua Hal yang Dibenahi untuk Kejar Target Emas Olimpiade. Silahkan baca berita lain tentang Olahraga lainnya.

Tags:

Leave a reply "Dua Hal Yang Dibenahi Untuk Kejar Target Emas Olimpiade"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.