Demi Menambah Emas Olimpiade

No comment 89 views

Berikut artikel Demi Menambah Emas Olimpiade, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia menutup kiprah pada Olimpiade Rio 2016 dengan sesuatu medali emas dan beberapa perak. Berbekal itu, Indonesia menempati peringkat ke-46 dari 205 negara peserta.

Perjalanan di Rio kian manis karena sepasang pebulu tangkis ganda campuran, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir, menyumbang emas tepat pada hari ulang tahun ke-71 Republik Indonesia, 17 Agustus 2016.

Akan tetapi, Indonesia dianggap belum boleh puas. Sebab, prestasi pada edisi kali ini belum sebagus era 1990-an.

“Kalau dilihat prestasi, atlet pada zaman orde baru lebih bagus, dari 1992 sampai 1994. Dan, kalau ukurannya emas, 1992 lebih baik karena kalian berada di peringkat ke-24, bukan ke-46,” tutur wartawan senior, Budiarto Shambazy, dalam diskusi di Smart FM, Sabtu (27/8/2016).

Pada edisi 1992 di Barcelona, Indonesia memang meraih beberapa keping emas berkat kesuksesan Alan Budikusuma di nomor tunggal putra dan Susi Susanti di tunggal putri.

Untuk meningkatkan prestasi pada Olimpiade Tokyo 2020, Budi pun meminta para pemangku kepentingan buat memanfaatkan ajang seperti SEA Games bagi mengasah kemampuan atlet. Pemerintah juga disarakan agar lebih berperan aktif dalam dunia olahraga.

“Keterlibatan pemerintah semakin kecil dalam dunia olahraga,” kata Budi.

Pada kesempatan yg sama Komandan Satgas Program Indonesia Emas, Laksamana TNI (purn) Ahmad Sucipto, mengaku bakal memprioritaskan cabang-cabang yg selama ini menjadi sumber medali.

Nantinya, atlet-atlet dari cabang yg dimaksud bakal diasah di Olympic Centre, yg digagas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“Kemenpora mulai membangun kawasan Olympic Centre di Cibubur. Olahraga seperti panahan, angkat besi, dan bulu tangkis mulai dikonsentrasikan di sana,” ucap Ahmad.

Menurut Ahmad, Cibubur dipilih karena lingkungannya tergolong elok, luas, dan strategis. Dengan begitu, para atlet dapat berkonsentrasi.

Kompas TV Richard Mainaky Lahirkan Duet Emas Owi/Butet

Sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2016/08/27/13291861/demi.menambah.emas.olimpiade
Terima kasih sudah membaca berita Demi Menambah Emas Olimpiade. Silahkan baca berita lain tentang Olahraga lainnya.

Tags:

Leave a reply "Demi Menambah Emas Olimpiade"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.