Dari Sirkuit Monza, Sean Gelael Banyak Belajar

No comment 90 views

Berikut artikel Dari Sirkuit Monza, Sean Gelael Banyak Belajar, Semoga bermanfaat

KOMPAS.com – Harapan pebalap muda Indonesia, Sean Gelael, buat kembali mendulang poin belum tercapai. Ia harus puas di posisi 16 pada balapan sprint GP2 di Sirkuit Monza, Italia, Minggu (4/8/2016), Meski telah bekerja keras.

Namun, ada banyak pelajaran di sini. Bagaimana pun, dalam setiap peristiwa terus ada pelajaran berharga, tidak terkecuali dari lintasan yg harus dibalapi Sean.

Sebelum laga sprint di Monza, mesin mobil pebalap berusia 19 tahun itu mati (stall) ketika start pada sesi balapan pertama (future race), Sabtu (3/9/2016). Akibatnya, Sean harus menepi ke pit stop dan tertinggal dari pebalap lain.

Tak cuma itu, Sean harus menerima pil pahit ketika terjadi insiden kecelakaan antara pebalap tim Rapax Arthur Pic dengan pebalap Carlin Sergio Canamasas pada putaran ke-16. Pada situasi itu, Sean yg keluar dari pit stop tertahan dan dianggap tertinggal sesuatu putaran.

Hal itu membuat Sean didiskualifikasi karena dianggap melanggar kecepatan ketika coba melewati mobil pengaman.

Meski demikian, kegagalan di balapan di Sirkuit Monza ini membuat Sean bertekad tampil lebih bagus di balapan GP2 selanjutnya. Terakhir kali Sean mendulang poin ketika menempati podium kedua balapan feature di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, pada Juli lalu.

“Tentu aku banyak belajar dari kegagalan maupun kesuksesan aku bagi mendapatkan poin dan naik podium. Ajang ini tidak mudah, persaingan sangat kompetitif,” Ujar Sean.

(Baca: Pengalaman dan Pembelajaran Sean Gelael Setelah 9 Seri Eropa )

Sean menuturkan, segala balapan mempunyai tantangan tersendiri selama GP2 dalam seri Eropa. Bahkan, kata dia, buat mampu naik podium dibutuhkan kerja sama tim yg solid. Kondisi mobil juga harus mumpuni, akan dari mesin, sasis, rem, hingga ban.

GP2 SERIES Pebalap Pertamina Campos Racing yang berasal Indonesia, Sean Gelael, mamacu mobilnya pada sesi latihan GP2 Hongaria di Hungaroring, Jumat (22/7/2016).

Menurut Sean, keadaan mobil yg ditungganginya ketika berlaga di Sirkuit Monza belum memuaskan. Mobilnya sempat tampil prima, antara yang lain ketika di melaju di sirkuit di Baku City Azerbaijan dan Red Bull Ring Austria.

“Pada balapan di Monza keadaan mobil telah cukup bagus. Namun, mobil aku tiba-tiba stall dan itu semakin sulit bagi menembus sepuluh besar,” Imbuh anak mantan pereli nasional Ricardo Gelael ini.

Dari balapan tersebut, Pierre Gasly masih memimpin klasemen pebalap dengan 174 poin, sedangkan di peringkat kedua ada Giovinazzi dengan 164 poin. Sementara itu, Mitch Evans berada di peringkat 11 dengan 81 poin. Adapun Sean di posisi ke-15 dengan 24 poin.

Sean masih mulai melaju di beberapa sirkuit yang lain di Asia, sesudah laga di Monza. Dua sirkuit tersebut adalah Sirkuit Sepang di Malaysia dan Yas Marina di Abu Dhabi.

Dukungan fans

Dengan hasil yg didapat di Monza, Sean bergembira dengan dukungan fans yg tetap bersemangat. Sejumlah fans masih tetap tiba dan menyaksikan segera aksi Sean di Monza.

“Dukungan penggemar bagaikan vitamin buat saya,” ujar Sean.

Bahkan, ada 10 pendukung Sean telah datang beberapa hari sebelum seri balapan. Mereka adalah penggemar yg beruntung memenangkan kuis dari Tim Jagonya Ayam KFC Indonesia.

KFC Jagonya Ayam Fans Sean Gelael ketika menyaksikan seri balapan GP2 di Sirkuit Monza, Italia

Sebelumnya, penampilan Sean di ajang World Series Renault 3.5 juga ditemani sejumlah pengikut setianya. Fans diundang pula menonton segera di sirkuit Jerez, Spanyol, kala itu.

“Tentu aku senang ada fans yg tiba dan memberikan dukungan langsung. Ini semakin memompa semangat aku bagi tampil lebih baik,” kata Sean.

Sean ditargetkan finish di posisi 15 besar dalam setiap balapan. Beberapa balapan memberikan hasil yg jauh melampaui target itu.

Poin pertama di sirkuit Baku City, misalnya, didapat Sean dengan finish di posisi ketujuh. Sean juga telah sempat mengicipi podium, dengan menempatkan mobilnya melewati garis finish di posisi kedua, di sirkuit Red Bull Ring.

Sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2016/09/07/16163341/dari.sirkuit.monza.sean.gelael.banyak.belajar
Terima kasih sudah membaca berita Dari Sirkuit Monza, Sean Gelael Banyak Belajar. Silahkan baca berita lain tentang Olahraga lainnya.

Tags:

Leave a reply "Dari Sirkuit Monza, Sean Gelael Banyak Belajar"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.