Berharap PON Yang Bersih Dari Kasus Doping

No comment 66 views

Berikut artikel Berharap PON yang Bersih dari Kasus Doping, Semoga bermanfaat

JAKARTA, Kompas.com – Ketua Umum KONI DKI Jakarta Raja Sapta Ervian berharap pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 tak mulai dinodai skandal doping.

Harapan ini dilontarkan Raja Sapta Ervian atau Eyi mengingat perebutan medali di PON mulai ditandai dengan persaingan gengsi antarprovinsi serta besaran bonus ynag kemungkinan  diterima peraih medali dari kontingen masing-masing.

“Saya berharap baik para atlet, pembina, serta panitia mulai berlaku adil dan jujur perihal doping ini,” kata Eyi. “Para atlet tentunya tahu dengan risiko penggunaan obat-oabatan terlarang bagi karier mereka, begitu pun para pembina. Sementara pada panitia, kalian berharap ada keterbukaan dalam hal pemilihan, pemeriksaan, dan pengumuman hasil doping.”

Isu tentang doping dalam PON menjadi hal yg kadang mengemuka, mengingat gengsi, bonus, serta sulitnya pengawasan penggunaan obat-obatan terlarang.

Eyi sendiri mengaku, pihak DKI sudah mengumumkan dan menerapkan aturan yg ketat soal penggunaan obat-obatan yg dilarang dalam olahraga. “Tim kedokteran DKI telah membagikan regulasi soal doiping kepada seluruh cabor, terutama kepada cabang-cabang yg rentan doping,” katanya.

“Kami memberikan data obat-obatan dan suplemen yg rentan mengandung senyawa yg dikategorikan terlarang,” katanya. “Termasuk obat-obatan warung.”

Ia menyebut, tentunya para atlet yg terkena doping mulai mengalami hal-hal yg merugikan. “Yang pasti didiskualifikasi. Kalau menang, dibatalkan,” ungkapnya. “Mereka harus menyadari bahwa kalau dikerjakan dengan sengaja dan ketahuan, ini mulai merugikan kontingen secara keseluruhan.”

PON mulai dibuka pada Sabtu (17/9/2016). Namun, dua cabang olahraga telah memulai pertandingan sejak Selasa (13/9/2016). Di cabang drumband, DKI lolos ke final bersama 7 daerah lainnya. Sementara di cabang akuatik, merupakan renang prestasi, DKI meloloskan wakil di final 6 dari 7 nomor yg dilombakan. 

Rombongan besar kontingen DKI mulai bertolak ke Bandung pada Kamis (15/9/2016) pagi.

Sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2016/09/14/14252691/berharap.pon.yang.bersih.dari.kasus.doping
Terima kasih sudah membaca berita Berharap PON yang Bersih dari Kasus Doping. Silahkan baca berita lain tentang Olahraga lainnya.

Tags:

Leave a reply "Berharap PON Yang Bersih Dari Kasus Doping"