Amerika Serikat Kembali Jadi Tujuan PASI Kirim Atlet Berlatih

No comment 189 views

Berikut artikel Amerika Serikat Kembali Jadi Tujuan PASI Kirim Atlet Berlatih, Semoga bermanfaat

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) mengaku sulit buat menentukan target medali pada SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, 19-31 Agustus.

“Kendalanya banyak, salah satunya karena tempat latihan yg tercerai-berai,” kata Sekretaris Umum PB PASI Tigor M Tanjung ketika bertemu media di Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Karena sedang ada perbaikan fasiltas kawasan Gelora Bung Karno sebagai persiapan Asian Games 2018, pelatnas atletik terpaksa dipindahkan dari Stadion Madya.

“Ada yg latihannya di Ragunan, ada juga yg di Cibinong. Jadinya terpisah-pisah. Ini jadi kendala, karena itu mulai sulit buat atletik bagi berprestasi pada SEA Games nanti,” kata Tigor lagi.

Tigor menjelaskan juga bahwa PASI ketika ini telah menyusun strategi dengan tujuan lebih besar merupakan meraih medali pada Asian Games 2018 dan Olimpiade 2020.

PASI pun mendatangkan pelatih terbaik dunia pada 2016 dari Amerika Serikat, Harry William Marra (69), bagi berbagi ilmu kepada atlet dan pelatih nasional.

VALERY HACHE/AFP PHOTO Pelatih Amerika Serikat, Harry Marra (tengah), berpose setelah menerima penghargaan sebagai pelatih terbaik pada International Association of Athletics Federations (IAAF) gala di Monaco, 2 Desember 2016.

Marra mulai memberikan coaching clinic pada 12-23 Februari. Dia mulai melatih delapan nomor, termasuk lompat jauh dan lari gawang.

“Dari situ mulai dilihat atlet yg berpotensi. Mereka yg terpilih mulai dikirim ke AS bagi belajar segera dengan Marra,” kata Tigor.

Tigor menyampaikan bahwa ada syarat yg harus dipenuhi pelatih dan pemain seandainya ingin belatih di AS, selain soal kemampuan.

“Atletnya harus tangguh dan disiplin. Dia juga harus tahan tinggal jauh dari rumah,” kata Tigor.

“Pelatih, dia harus orang yg mau belajar, dahulu bersedia berbagi ilmu. Dan yg penting, harus loyal sama atletik,” ujar dia menambahkan.

Di AS, mereka mulai berlatih di tempat Marra melatih merupakan Westmont College di Santa Barbara.

Kali terakhir PASI mengirim atletnya latihan di AS adalah pada 1997. Setelah itu mereka lebih memilih berlatih di Eropa.

Sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2017/01/26/07010081/amerika.serikat.kembali.jadi.tujuan.pasi.kirim.atlet.berlatih
Terima kasih sudah membaca berita Amerika Serikat Kembali Jadi Tujuan PASI Kirim Atlet Berlatih. Silahkan baca berita lain tentang Olahraga lainnya.

Tags:

Leave a reply "Amerika Serikat Kembali Jadi Tujuan PASI Kirim Atlet Berlatih"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.