Kuah Pliek U Kuliner Khas Aceh

No comment 170 views
Kuah Pliek U

Kuah Pliek U

Tidak hanya saja penghasil wanita cantik dan pria tampan, ternyata Aceh juga dikenal dengan penghasil makanan yang enak-enak lho sobat. Misalnya saja, Kuah Pliek U, itu merupakan sebuah hidangan khas masyarakat Aceh yang sudah berumur ratusan tahun.

Hampir di setiap rumah makan di Aceh kita menemukan hidangan kuah ini sebagai menu utama. Kuah Pliek U biasanya disajikan bersamaan dengan nasi dan rasanya akan sangat nikmat jika dinikmati saat siang hari tiba. Hm… rasanya akan semakin lengkap jika ditemani oleh ikan asin yang tentu akan menggugah selera makan sobat.

Setiap ada acara khanduri (kenduri) di Aceh, kuah pliek U selalu hadir sebagai menu tradisional yang paling diutamakan, bahkan pesona kuah Pliek U ditambah dengan ikan asin mampu menandingi hidangan daging kerbau dan sapi yang juga sering disajikan di setiap acara adat oleh masyarakat Aceh, biasanya para juru masak (koki) akan menyajikan kuah ini di dalam satu kuali yang besar, kemudian setelah masak baru dihidangkan untuk disantap bersama-sama.

Namun, tak lengkap rasanya jika kuah Pliek U dipisahkan dengan ikan asin, mereka berdua sudah seperti suami istri, tidak akan bisa kita pisahkan lagi, kuah Pliek U akan terasa hambar jika kita nikmati dengan tanpa ditemani oleh ikan asin diantaranya. Hal ini akan mengurangi keunikan tersendiri bagi kuah yang sangat populer itu.

Terkadang bagi segelintir orang melihat ikan asin sebagai makanan yang biasa-biasa saja, kendatipun demikian, saat kuah ini disatukan dengan ikan asin akan membuat setiap lidah bergoyang saat mencobanya.

bahkan kalau ada yang menghidangkan daging di tengah kenduri, kuah Pliek U siap membuat setiap mata berpaling kepadanya, mungkin itu juga yang menjadi filosofis bahwasanya yang sederhana itu belum tentu tidak enak.

Di Aceh, sajian menu ini sudah menjadi adat jika ada acara pesta atau kenduri lainnya. Terlebih lagi, apabila makanan ini dinikmati di balai tengah area persawahan dengan tiupan angin yang berembus sepoi-sepoi akan semakin menambah kenikmatan yang tiada bandingan, apalagi dimakan secara bersama-sama dengan kerabat atau keluarga, Duh ngak bisa dibayangin deh.

Di kalangan masyarakat Aceh acara seperti itu disebut Meuramin ( Makan bersama-sama di suatu tempat ) biasanya mereka memilih objek seperti di persawahan, gunung, atau pantai yang memiliki pandangan eksotis.

Nah,mungkin sobat bertanya-tanya, Kenapa makanan ini dinamakan dengan Kuah Pliek U?

Karena bahan baku utama yang menjadi asal penamaan itu adalah Pliek atau ampas minyak kelapa yang diperoleh dengan proses pembusukan dan pemerasan kandungan minyaknya. Ampas yang sudah tidak lagi mengandung minyak tersebut terlebih dahulu dikeringkan dan kemudian baru dijadikan, bahan utama pembuatan kuah Pliek U.

Cara membuat kuah Pliek U

Selanjutnya, untuk membuat kuah Pliek U dibutuhkan beberapa sayur-mayur yang akan dimasak barengan dengan Pliek (patarana).

Bagi sebahagian orang Aceh, gulai ini dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan bisa menambah mood, karena memiliki kandungan vitamin dan gizi yang terdapat dari sayur tersebut.

Biasanya, masyarakat Aceh seringkali memasak kuah ini secara berkelompok oleh ibu-ibu yang bertempat tinggal berdekatan. Selain itu, manfaat membuat makanan ini juga mampu menambahkan rasa sosialitas dan kebersamaan antar sesama masyarakat Aceh karena Bumi Sultan Iskandar Muda juga dikenal masyarakatnya penuh dengan kebersamaan.

Makanan ini juga bisa ditemukan di luar negeri, namun itu bagi penduduk yang berasal dari Aceh sendiri, karena tidak sembarangan orang bisa memasak kuah ini. Bagi anak muda yang ikut merantau tidak bisa mengingat makanan yang satu ini, karena mereka akan teringat kampung halaman.

Makanya jika Anda punya saudara di rantau jangan bilang-bilang makanan ini ya? Nanti mereka minta pulang kampung.

 

Sumber: habaportal.com/2016/05/kuah-pliek-u-dari-aceh-untuk-dunia.html

 

Leave a reply "Kuah Pliek U Kuliner Khas Aceh"