Peluang Usaha berternak Ayam Boiler

No comment 185 views

Peluang Usaha berternak Ayam Boiler merupakan salah satu peluang usaha yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini. Usaha ternak ayam boiler atau biasanya dikenal dengan ayam potong merupakan salah satu jenis usaha yang sudah di kenal sangat lama, namun kebutuhan ayam boiler ini semankin hari juga semankin naik permintaannya. Tingginya permintaan kebutuhan daging ayam boiler ini masih belum diimbangi dengan pertumbuhan jumlah peternak ayam boiler. Sehingga di hari besar seperti liburan lebaran, natalan, dan tahun baru harga ayam boiler mencapai harga Rp. 35.000 /kg padahal biaya untuk menghasilkan daging 1kg hanya berkisar Rp. 15.000 .

Dari perbedaan harga tersebut seharusnya bisa menjadikan sebagai salah satu peluang usaha yang menjadi daya tarik untuk anda geluti dengan serius usaha peternakan ayam boiler ini. Namun sebelum anda memulai bisnis ayam potong ini tentunya anda haru mengetahui seputar ayam potong ini. Alasanya karena usaha peternakan unggas khususnya ayam boiler punya resiko tingkat kematian yang agak tinggi, Untuk itu pengetahuan dalam memelihara ayam boiler harus anda kuasai sebelum memulai bisnis ayam boiler ini.

Peluang Usaha berternak Ayam Boiler

Tips Sukses Berternak Ayam Boiler Untuk Pemula

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa anda coba dalam berternak ayam boiler yang benar :

  • Membuat kandang yang ideal bisa menyesuaikan cahaya matahari yang masuk dan kebutuhan udara pada ayam boiler. Serta juga harus juga dijaga suhu ruangan ayam agar selalu tetap dalam keadaan hangat, suhu berperan penting agar ayam boiler dapat bertahan hidup dan bertumbuh dengan baik.
  • Perhatikan juga kemudahan sumber daya listrik dan sumber airnya beserta kualitas airnya.
  • Jika kandang sudah jadi dan siap untuk digunakan maka pasang peralatan untuk menyambut DOC ayam boiler, yang utama seperti pemanas, sekat dan litter. Siapkan juga peralatan makan dan minumnya.
  • Pada saat pertama kali DOC ayam boiler di masukan sebaiknya lakukan pemberian air gula agar mnghindari tingkat stress yang tinggi sehingga mengurangi angka kematian
  • Dalam waktu 14 hari pertama anda harus memberikan perhatian ekstra intensif pada ayam-ayam tersebut, karena pada masa ini merupakan masa yang sangat penting untuk kesuksesan usaha anda. Perhatikan juga suhu ruangan dalam waktu 14 hari pertama ini, jika DOC ayam boiler banyak yang bergerombol itu berarti suhu ruangan kurang hangat, tapi jika sudah mulai menyebar berarti suhunya pas namun juga jangan sampai terlalu panas.
  • Lakukan vaksinasi pada ayam potong tersebut tepat pada hari ke-7, ke-14 dan ke-21.
  • Setelah melewati masa 14 hari pertama maka selanjutnya akan lebih mudah karena kita hanya perlu mengontrolnya sehari 2 kali saja untuk melihat kebutuhan pakannya, hal ini terus dilakukan hingga tiba masa panen.
  • Pemberian obat antibiotik dan vitamin pada minuman ayam diberikan mulai hari ke-5 hingga hari ke-10 sebelum masa panen.

Demikianlah artikel mengenai peluang Usaha beternak ayam boiler. Semoga artikel yang kami sampaikan ini dapat menjadi inspirasi dan pengetahuan anda sebelum terjun ke usaha berternak ayam boiler ini.

Leave a reply "Peluang Usaha berternak Ayam Boiler"